Minggu, 08 Maret 2015

MITOS dan FAKTA Seputar Rambut


Mitos 1: "Jika Anda mencabut satu uban, maka dua atau lebih uban akan menyebar di area tersebut" 


Pada dasarnya uban muncul saat folikel rambut berhenti memproduksi melanin yaitu zat yang memberikan warna pada rambut. Seiring bertambahnya usia, produksi melanin berkurang, sehingga uban pun kerap muncul. Selain itu faktor genetik juga membuat helaian berubah warna. 



Namun hal ini jangan dijadikan kebebasan bagi Anda untuk mulai mencabut uban dari kulit kepala. Mencabutnya hingga akar akan berujung pada kerusakan permanen pada folikel rambut sehingga rambut rontok dan tipis. Jika Anda merasa terganggu dengan warna tersebut, Anda bisa menggunakan pewarna rambut atau  kombinasikan dengan teknik highlight. Sebaliknya, jika menetapkan pilihan dengan warna alami Anda tetap harus merawatnya agar tampak indah dan halus. 



Cara yang paling efektif adalah dengan  menggunakan sampo dan conditioner yang mengandung palet ungu untuk menetralkan semburat warna kuning ataupun hijau yang biasanya muncul bersamaan dengan kemunculan uban.

Mitos 2: "Keramas setiap hari bisa membuat rambut lebih cepat rontok"


Sebenarnya antara keramas dan rambut rontok tidak ada hubungan sebab akibat. Karena 
Anda keramas atau tidak, tetap saja Anda akan kehilangan sekitar 100 helai rambut setiap harinya. 


Mitos 3: "Produk yang tepat dapat memperbaiki rambut bercabang"


Rambut yang bercabang tidak mungkin kembali normal. Ujung rambut merupakan bagian terlama yang mengalami paparan panas matahari maupun berbagai produk penataan rambut seperti hair spray, foam,termasuk pewarna rambut. Semua produk tersebut dapat menghilangkan kutikula rambut sehingga ujung rambut menjadi bercabang hingga ke batang rambut. 



Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan menggunting ujung rambut. Selain itu,lakukan perawatan rambut secara rutin di salon minimal 6-8 bulan sekali. Di sela perawatan ini, aplikasikan 'rinse-it & leave-in conditioner' yaitu produk perawatan rambut yang digunakan sehabis keramas tanpa harus dibilas dengan air. Kondisioner ini menjadi solusi ampuh untuk memberikan kelembaban pada rambut. Selanjutnya, pastikan rambut tetap lembab untuk mencegah rambut bercabang.

Mitos 4: "Memotong rambut secara teratur membuat rambut tumbuh lebih cepat"




Sebenarnya ini tidak ada hubungannya. Rambut tetap saja merupakan serat mati yang akan tumbuh walaupun Anda tidak memotongnya secara teratur. Setiap helai rambut akan bertambah panjang sekitar setengah inci setiap bulannya. 

1 komen:

  1. Baccarat | The worrione
    Baccarat 안전한 바카라 사이트 is the most popular variant of American card game playing. Baccarat has a popular aspect of the card game - it is a simple game to understand

    BalasHapus